Read more: http://rakyumi.blogspot.com/2009/10/how-to-make-onclick-selecting-in.html#ixzz0vrDMNz00

Live Clock

28/07/10

Menggunakan Benford's Law dengan excel untuk mengembangkan Business Planning

Benford's law mengungkap karakteristik data secara mengagumkan. Tidak hanya membantu mengidentifikasi kecurangan, tetapi juga berguna untuk penyusunan anggaran dan perkiraan (forecast).
Akuntan dan auditor kadang2 menggunakan pengetahuan statistikal yang mengagumkan ini untuk mengungkap kecurangan laporan keuangan. Juga bisa berfungsi mencari strategi yang jitu dalam investasti di pasar saham dan meningkatkan akurasi budget dan forecast.
Artikel ini akan menjelaskan Benford's Law, bgmana menghitungnya dengan bantuan excel, dan saran bagaimana menafsirkan hasilnya secara baik.

Apa itu Benford's Law?
Juga disebut "first digit law", Benfors's Law mengatakan bahwa dalam banyak kejadian di alam nyata didapatkan data yang digit angka pertamanya adalah 1 sekitar 30% dan frekuensi munculnya data yang awali angka kecil lebih sering daripada angka besar.
Nama hukum ini muncul dari Dr, Frank Benford, fisikawan yang bekerja di perusahaan General Electric. Pada tahun 1938 dia menyadari halaman2 pertama pada tabel logaritma yang menunjukkan angka kecil lebih kotor dan lusuh dari pada angka besar.
Untuk membaca lanjutannya silakan klik di sini.

Tidak ada komentar: